Friday, May 24, 2013

Mempersiapkan Ragi Untuk Fermentasi

Sebelum memasuki proses fermentasi kita harus mempersiapkan ragi terlebih dahulu, proses ini penting dan perlu dilakukan dengan tujuan :
  • agar kita tau ragi yg akan digunakan masih layak pakai atau ga 
  • supaya ragi bekerja secara maksimal
  • supaya wadah fermentasi nantinya ga dipenuhin sama busa yg naek terus dan lama-lama keluar ke lubang udara atau ke airlock

Proses mempersiapkan ragi
  1. masukan segelas air hangat yg matang dengan suhu kira-kira 35-40 derajat ke dalam wadah steril yg cukup besar. kalo gw wadahnya pake gelas ukur buat bikin kue.
  2. masukan ragi dan aduk, tutup pake plastik wrap tunggu skitar 15 menit sampai ragi benar-benar menyatu sama air
  3. untuk membuktikan ragi masih bisa dipake atau ga, masukan 1 sendok teh gula pasir. aduk lalu tutup lagi pake plastik wrap
  4. diamkan selama 15 menit, ragi akan mengeluarkan busa dan ragi siap dimasukan ke dalam wadah fermentasi
  5. kalo selama 15 menit ga berbusa berarti ragi ga layak dipakai




32 comments:

  1. Oke bro makasih infox berguna banget! Sygx proses fermentasiq ud berjalan 5 jam bro,! Klo gw buka plastik penutup wadahx apa ga apa2 bro bila smntara proses fermentasi? Slx gw pengen bersihin busax....

    ReplyDelete
  2. biarain aja bro gpp, nanti busanya ilang... cuma agak pegel ja harus bersihin terus hehehe.....
    gw juga dulu sma koq kaya gitu....
    usahain wadah penutupnya jgn dibuka2, untuk menghindari kontaminasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bro coba diaduk, dengan cara botolnya di bolak balikin sebentar dan lubangnya ditahan pake jari.... mudah2an busanya bisa berenti

      Delete
    2. Oke bro maksih saranx,, oia eksperimenq ko' aga' kntal ya?prosesx ud 6 jam lbh, Apa msi sm klo prosesx ud slsai?

      Delete
    3. gpp bro itu karena gulanya terlalu banyak jadi agak kental.... hasil akhirnya juga nanti kental
      gw pernah bikin gula 1/2 kg airnya cuma 1.5 ltr rasa manis n kental bgt.... gw akalinnya pas udah fermentasi selesai gw pisahin dari endapan trus gw oplos lagi pake air putih... gw jadiin 2.5 lt... rasanya jadi masih ada manis2nya

      Delete
    4. Tpi klo d oplos lgi, takutx kadar alkoholx bakal berkurang bro,,! Oia bro klo misalx gw tmbahin alkohol metanol dikit bahaya ga bro,? Itung2 bt tmbahin kadarx...

      Delete
    5. abis dioplos di diemin lagi beberapa hari bro biar fermentasinya berlanjut....
      ydh jgn dioplos dulu bro coba diliat beberapa hari, kalo sblm 7 hari fermentasinya berenti baru dioplos...
      soalnya kadar gula yg terlalu banyak bisa menyebabkan proses fermentasi berhenti, krn si ragi kaget.... gw wktu itu kaya gitu, baru 3 hari udah berenti... trus gw tambah air proses berlanjut lagi.....

      jangan ditambah metanol bro, bahaya....
      ini kutipan dari bro andreas :
      10 ml metanol dapat mengakibatkan kebutaan,
      30 ml dianggap fatal untuk tubuh dan
      100 ml akan menyebabkan kematian.


      Delete
    6. Bro boleh minta kontaknya buat tanya²

      Delete
  3. Waduuh ga jd deh nambahin metanolx... Trus klo fermentasix berhenti pd hari ke 3 berarti kadar alkoholx blm mncapai 15%?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal metanol serem ya bro hehehe.... di australia brp bln yg lalu ada distiller yg mati gara2 metanol bro makanya harus extra ati2 sama metanol :)

      fermentasi sugar wine biasanya selesai 7 hari untuk mencapai kadar 15%, kalo sblm 7 hari udah berenti fermentasinya ada beberapa faktor penyebabnya.... salah satunya ragi kaget karena kandungan kadar gulanya terlalu tinggi

      Delete
  4. Metanol cocokx ma org yg patah hati yg lgi pngen mabok.,spy skalian aja k rahmatullah hehehe...

    Oia bro klo untuk bahan sari phon enau bs ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bgt tuh bro wkkkkkkkkk....

      wah sori blm prnah coba tuh sari pohon enau... bukannya itu bahan buat bikin tuak?

      Delete
  5. Iya emang, di daerah tmpat tgglq ada sejenis minuman yg sangat populer namax CT kta org sih bahanx trbuat dr tuak tp aku sih ngga tau cara bikinx kaya gimana makax aku tanya ma bro hendrix,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya tinggal didaerah mana bro?
      belum pernah denger minuman namanya CT hehehe

      Delete
    2. ohhhh Cap Tikus ya bro?
      baru sadar gw hahahaha.... tapi blm pernah liat n ngerasaian kaya gimana tuh CT :)

      kalo ga salah pembuatannya dari tuak yg didistilasi bro

      Delete
  6. Wah klo mslh rasa mantap bro ga kalah ma minuman2 yg bermerek,makax aku pngen nyoba bikin,. Skrg aku lgi jln2 ke rmh ortuq d kaltim n kbtulan d dkt rmh ortu ada pnjual tuak makax aku pengen nyoba! Klo proses pembuatanx apakah tuakx d fermentasi dlu ? Atau lngsung di distilasi aja..

    ReplyDelete
  7. infonya mantap bro, langsung gw cobain
    thanks bro

    ReplyDelete
  8. Bro, ni aku mau nanya, fermentasiq kan ud msuk d hari ke 8 tpi gellembung co2 nya msi ada,, apakah ud blh d komsumsi tu bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gelembungnya banyak atw sedikit?
      kalo masih banyak mendingan tunggu sampe bner2 ga da gelembungnya atw bisa juga sampe gelembungnya cuma sedikit....
      untuk mendapatkan kadar yg maksimal fermentasinya harus bner2 berenti bro...

      Kalo yg sering gw lakuin sih kaya gini :
      - fermentasi ke-1 selama 7 hari, biasanya gelembung masih ada dikit
      - siphon pake selang aquarium, pindahin ke wadah fermentasi kedua.
      ambil bagian yg agak jernih, bagian bwah yg ada endapan jgn sampe kebawa
      - fermentasi ke-2 selama 3 hari atw bisa lebih kalo bner2 pengen hasilnya jernih
      - siphon dan masukin ke dalam botol, biasanya masih ada endapan sedikit jgn
      sampe kebawa
      - botol tutup rapat trus gw masukin ke kulkas supaya enak diminumnya hehehe

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Bro, tdi aku nyobain hsl fermentasiku,rasax asem manis... Pdhl aku tarox d kulkas n ud d setting ke suhu sedang......

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya agak asem apa asem bgt bro?
      klo cuma agak asem gpp bro itu wajar, tapi klo asem bgt kaya cuka brarti winenya terkontaminasi bakteri
      pastiin sebelum memulai proses fermentasi smua alat2 yg mau dipake streril

      Delete
  11. Bro mau nanya nih,, cara ngilangin bau and rasa tapex gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa n bau tape ga bisa diilangin bro, itu emang ciri khas dan kekurangan dari ragi roti....
      tapi klo winenya udah bener2 jernih bau n rasa tapenya berkurang

      Delete
  12. salam kenal bro,, sekarang di ghana afrika dah buat beer dari singkong ( cassava beer), kira kira bisa ngk jelasin dikit cara buatnya? kalau mas hendri & andre kan dah paham ni.. share ke chandrakusuma086@gmail.com aja mas bro.. thnks

    ReplyDelete
  13. Berapa peratus tahap ahkoholnya?

    ReplyDelete
  14. untx 1ltr brapa gram rginy?

    ReplyDelete
  15. sangat menambah wawasan. lokasi sampean di mana bro hendrie?

    ReplyDelete
  16. bro-bro klo mau ragi tapenya awet, disimpan di kulkas.. trus klo mau dipake dijemur dulu. dan biasanya ragi bagus itu justru ragi yang dah lama diatas setahun.. sekedar share aja. dulu waktu nyimpennya diluar kulkas sering dimakan kutu beras itu ragi. tapi tetap aja bagus meskipun bolong2 dan warnanya kusam.

    siapa tau ada yg mau beli ragi. bisa pesan sama saya.. bisa pesan sampe ribuan biji bro. minimal 100 biji. harganya Rp500/biji (diluar ongkir).

    thanks
    081354753398

    ReplyDelete
  17. thnx infonya bro, numpang nanya juga, semakin tinggi kadar glukosa d bahan dasarnya (beras, dll)ngaruh ke rasa manisnya apa enggak?

    ReplyDelete