Saturday, May 18, 2013

BAHAN – BAHAN ALTERNATIF HOME BREW


Pembuatan bir rumahan (home brew beer)  sebenernya sederhana dan gampang, orang – orang luar negeri udah ga aneh sama yg namanya home brew beer. Bagi mereka bikin bir rumahan tuh gampang banget, karena semua peralatan dan bahan bakunya banyak dijual disana.
Untuk proses pembuatannya kita orang Indonesia juga pasti bisa asalkan mau belajar dan sering – sering cari info tentang home brew beer, tapi masalahnya di Indonesia susah banget buat dapetin bahan bakunya. Untuk peralatan sih ga usah kuatir, tanpa peralatan khususpun bir rumahan tetep bisa dibuat, cukup pake peralatan yg ada di dapur.

Karena keterbatasan bahan baku maka diperlukan bahan baku alternatif yg gampang dicari di Indonesia, disini bahan baku alternatif yg gw bahas cuma sebagian kecilnya aja.
Kalo mau tau lebih banyak lagi bahan baku alternatif apa aja yg bisa dipake, silahkan baca buku “Sacred and Herbal Healing Beers: The Secrets of Ancient Fermentation."




Alternatif untuk Barley Malt ( Jelai Berkecambah)

Padi 
Padi yg digunakan adalah padi yg sudah berkecambah, dimana padi melalui proses Malting terlebih dahulu dan nantinya disebut sebagai Rice Malt. Untuk penjelasan dan caranya bisa dilihat di bagian Malting,

Millet
Di Indonesia millet dikenal sebagai makanan burung, jadi kalo mau cari millet tinggal pergi ke toko makanan burung pasti ada. Ada beberapa biji-bijian yg dianggap sebagai millet juga, antara lain Sorgum, Jali dan Juwawut. Millet nantinya akan melalui proses Malting terlebih dahulu dan nantinya disebut sebagai Millet Malt. Millet digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan bir di afrika.

Gandum
Gandum juga bisa dijadiin bahan alternatif, tapi daerah tertentu  mungkin agak susah dapetinnya. Gandum juga harus di Malting dulu hingga menjadi Wheat malt.

Pati / Tepung
Tepung yg dipake bisa tepung tapioka ( biasa dikenal dengan tepung kanji ), tepung jagung (Maizena), tepung beras dan tepung terigu. Untuk pemakaian pati nantinya harus melalui proses sakarifikasi terlebih dahulu. Sakarifikasi adalah proses  mengubah  gula  komplek  (dekstrin)  menjadi  gula sederhana (glukosa).



Alternatif untuk Ragi Bir
Untuk diindonesia ga ada pilihan selain pake ragi kue atau ragi tape, kalo mau bisa aja beli ragi bir secara online, tapi nantinya biaya yg dikeluarin jadi lebih banyak. Harga raginya sih murah, tapi ongkos kirimnya yg ga nahan.

Tujuan blog ini dibuat, gw pengen share cara buat bir rumahan dengan bahan-bahan yg mudah didapat dan tentunya dengan biaya yg ga terlalu besar.


Alternatif dari Hops
Kegunaan dari hops dalam pembuatan bir yaitu memberi rasa pahit (Bittering), memberi rasa yg khas (Flavoring), dan memberikan aroma.
Pada jaman dulu pembuatan bir menggunakan Gruit bukannya hops, Gruit adalah bagian dari suatu tumbuhan seperti bunga, kulit, akar, daun, biji atau buah.

Beberapa contoh gruit yg bisa digunakan sebagai pengganti hops, yaitu: 
  •  Teh hijau, kalo direbus lama akan menghasilkan rasa pahit, kalo direbus sebentar akan memberikan aroma 
  • Rempah – rempah atau bumbu dapur, seperti : jinten, kapulaga, kunyit, ketumbar, jahe, pala, lada, daun jeruk, kulit jeruk, dan masih banyak lagi. 
  • Sayuran, seperti selada 
  • Buah-buahan, semua jenis buah bisa digunakan 
  • Bunga, seperti lavender 
  • Daun Mint

Bahan lainnya yg sering digunakan dalam home brew beer atau wine:
Yeast Nutrients
Kegunaannya untuk memberi nutrisi tambahan bagi ragi, dan dapat digunakan untuk mengatasi fermentasi yg tiba-tiba berhenti sebelum waktunya.
Alternatifnya : Kismis, Ragi mati / Dead Yeast ( siram ragi kue dengan air panas )

Tannin
Kegunaannya memberikan rasa pahit dan kering pada mulut
Alternatifnya : Gambir (Uncaria), Teh (penggunaannya 1 sdm teh kental untuk 4 ltr) 

Pectic Enzymes
Kegunaannya untuk menjernihkan wine
Alternatifnya kulit pepaya, dibawah kulit pepaya yg hijau mengandung pectic enzymes alami (1/2 buah pepaya = 1 sdt pectic enzymes bubuk)

13 comments:

  1. "Pectic Enzymes
    Kegunaannya untuk menjernihkan wine
    Alternatifnya pepaya yg sudah dikupas, dibawah kulit pepaya yg hijau mengandung pectic enzymes alami (1/2 buah pepaya = 1 sdt pectic enzymes bubuk)"

    bagaimana cara penggunaannya? apakah 1/2 buah pepaya tersebut direndam dengan wine yang "cloudy"? thanks

    ReplyDelete
  2. Sori gan ada kesalahan... kulit pepaya maksudnya.....
    kulit pepaya direndam saat fermentasi pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo setelah fermentasi pertama ada pengaruhnya gak gan?

      Delete
  3. klo untuk mengakali fermentasi biar waktunya agak cepet gmana gun..
    thanks

    ReplyDelete
  4. Min, saya sekarang lagi butuh alat - alat untuk fermentasi. sampai ke pengemasan. ada rekomendasi tidak bisa beli di mana? mohon tanggapannya ya min.

    Putu Adi
    083119647467
    mail.putuadi@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Permisi agan-agan.

    Siapa tahu butuh ragi tape gan. Saya jual. Tape saya ga pengalaman pake ini tape untuk pembuatan Arak, tapi biasanya sih tape klo dah lama biasanya baunya mirip wine dan manisnya terasa keras, bikin keringat keluar. Klo dipake bikin tape saya jamin gan tapenya manis, asalkan benar cara bikin tapenya.

    Harga raginya Rp500/biji (diluar ongkos kirim). Minimal order 100 biji. Berat pengiriman 1KG biasanya kurang lebih lima ratusan biji.

    Produk detail dan penwaran bisa diliat di blog saya : http://adriansyahnantu.wordpress.com/2013/11/07/jual-ragi-untuk-pembuatan-tape/

    Thanks rekan-rekan, khususnya tuan rumah.

    Adri
    FB: Adriansyah Nantu
    blog: adriansayahnantu.wordpress.com
    No HP: 081354753398

    ReplyDelete
  6. Hallo,
    Permisi mau numpang. Yang perlu homebrewing supplies bisa mampir ke sini https://www.tokopedia.com/javabrewcraftco?lang=en atau https://www.bukalapak.com/cozmik_j

    ReplyDelete
  7. gan klo daerah bali beli dimana

    ReplyDelete
  8. artikel blog yg bagus untuk di pelajari...meneliti trus ni yg di ajarin suhu

    ReplyDelete
  9. gan.. kalo untuk pensterilan alat brewing, biasanya pake apa?

    ReplyDelete