Friday, May 10, 2013

Apa sih Homebrewing?

" Homebrewing adalah pembuatan bir, wine, cider, sake, atau berbagai macam minuman yang lain melalui proses fermentasi dalam skala kecil sebagai hobi dan untuk konsumsi pribadi. "

Buat lebih jelasnya silahkan liat disini

Proses dari Homebrewing sebenernya ga susah yang penting sabar aja nunggu waktu fermentasinya, dan yg paling penting lagi peralatan yg dipake harus bener-bener steril.
Tapi Homebrewing di indonesia tuh banyak kendalanya, antara lain:
  • Hukum di indonesia yg pastinya mengangap homebrewing itu ilegal. Baca disini sama disini
  • Keterbatasan bahan baku. Bahan baku buat homebrewing termasuk susah banget nyarinya di indonesia.

Sebagai contoh bahan baku utama untuk homebrewing adalah Yeast /  Ragi, diindonesia ga ada ragi khusus untuk pembuatan bir atau wine, yg ada cuma ragi tape sama ragi kue.



Mungkin buat sebagian org ini bukan masalah, karena ragi khusus bisa dibeli secara online.
Tapi inti dari pembuatan blog ini gimana caranya dengan keterbatasan bahan tapi tetap bisa melakukan homebrewing.
Banyak orang-orang luar yg ngomong hasil dari homebrewing klo pake ragi kue rasanya ga enak dan mereka nganggap homebrewing pake ragi kue tuh murahan, klo menurut gw sih krn mereka ga terbiasa sama rasa dari ragi kue. Sedangkan orang indonesia sebagian udah ga asing sama rasa dari ragi kue ini, karena ragi kue ini ga jauh beda rasanya kaya tape atau peuyeum.

Di post berikutnya gw akan bahas soal homebrewing bir sama wine, dan gw akan kasih resep-resep untuk pembuatan bir dan wine.

Buat yg udah pengalaman soal homebrewing silahkan berbagi pengalaman disini, ada pepatah mengatakan "berbagi itu indah" asalkan jangan berbagi istri sama uang ja hahahaha 










57 comments:

  1. Hai.. pa kabar bro Hendrie..
    Gw setuju masalah ragi itu...
    gw bikin bir pake ragi kue (dalam hal ini fermipan) jadinya enak kok.
    Rasa dan aroma bir, secara global, 50% dipengaruhi oleh gandumnya (atau yg lain) dan 50% lagi dikendalikan oleh yeast atau ragi.

    Ada pengalaman berharga ttg yeast ini.
    Kalo menurut ane, orang2 bule yg bilang gak enak pake ragi roti, itu karena mereka maunya jual ragi mereka. yg pastinya jauh lebih mahal.

    Asal tau aja, harga yeast Australia merek Saflager yg tipe 34/70 (utk bikin Bir Lager/Pilsner) harganya sekitar 850rb per 500gr. atau 1.700/gr atau 18.700/11gr (bandingkan dengan fermipan yg harganya 6rb - 10rb/sachet 11gr)

    Kejadiannya waktu itu, secara iseng (karena rasa ingin tau) gw tuker isi yeast utk wheat beer dan lager beer.
    Ternyata hasilnya sama aja.
    Si bule konsultan juga gak bisa membedakan. pas dicium2 baunya, tetep aja dia bilang good... good...

    Kasus satu lagi, ada bule ngaku sommelier (ahli wine). Gw test pake Chateau Petrus yang harga 65jt per botol versus wine kemasan box plastik (kaya sosro 1 liter) seharga 5 dollar.

    gw tuang masing2 dalam 2 gelas, trus gelasnya gw balik posisinya. yg wine 5 dollar gw taruh di depan botol Chateau Petrus dan sebaliknya.
    Tetep aja dia bilang yg di depan botol Chateau Petrus jelas lebih enak.

    Gw ngakak lama banget waktu itu.. Abis gw kasi tau bulenya, dia langsung mengundurkan diri jadi konsultan pabrik... :D

    Jadi, jangan terpengaruh dengan 'kata orang bule'..

    Pake ragi tape aja juga bisa.. Meang rasa akan beda. tapi selama itu enak buat kita, ya why not kan.. :D

    Kita bolak balik dipaksa mengikuti standard bulem kenapa kita gak bisa paksa mereka ikut standard kita.
    Ya ndak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini asli kocak om,,,
      By calvin como

      Delete
    2. Setuju. Kita hanya perlu percaya diri menghadapi mereka.

      Asal gak takabur aja

      Delete
    3. Bro andreas.. tolong simpan no saya jika berkenan. 081266431013:dennis
      Saat ini saya hanya baru bisa basic nya aja tentang pembuatan beer... kll boleh saya belajar lebih bnyak lagi

      Delete
  2. hi bro andre, thanks dah mampir ke gubuk ane :)
    gw ngakak baca si bule ahli wine.... ternyata terbukti seorang ahlipun sebenernya ga pinter2 amat wkkkkkkkkk.....

    Bener bgt tuh bro... mrk cuma pengen ragi mereka laku ja
    gw baca di buku "Sacred and Herbal Healing Beers The Secrets of Ancient Fermentation", pembuatan bir dan wine jaman dulu pake ragi roti, dan ga da masalah.

    bule kadang terlalu maksain soal standarisasi, tujuan sebenernya dari home brewing kan supaya kita mencoba dan menciptakan sesuatu yg beda... berarti ya kita sesuaikan aja sama keadaan kita disini.

    klo gw sih ga trlalu masalahin soal rasa dari ragi kue, kan bisa diimbangi dengan penambahan bahan yg lainnya.... iy ga bro?

    ngomong2 soal fermipan di daerah rumah gw ada warung semi grosir yg jual fermipan cuma 2rb bro, beratnya pas gw timbang sekitar 20 gr hahahaha... kemasannya cuma plastik polos tanpa merek... gw coba bikin sugar wine yg satu pake fermipan yg beli di swalayan harga 5 rb, satu lagi pake fermipan warung ga da bedanya dirasa...
    akhirnya gw borong ja tuh fermipan, sampe yg jualan bingung n nanya buat apa beli banyak2, gw jwb ja istri mo bikin kue buat pesta wkkkkkkkk

    oh iy bro gw baca buku bagus bgt judulnya "The Alaskan Bootleggers Bible"... udah pernah baca blm? klo mau gw kirim lwt email bentuknya pdf, skalian yg "Sacred and Herbal Healing Beers The Secrets of Ancient Fermentation" juga kalo mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Hendrie, gue mau baca e-book "Sacred and Herbal Healing Beers: The Secrets of Ancient Fermentation" dan "The Alaskan Bootleggers Bible." Kalau Bang Hendrie berkenan, mohon kirim kedua e-book tersebut ke penyeduhteh@gmail.com. Terima kasih banyak, Bang Hendrie.

      Delete
    2. Menarik bang, saya juga mau dong dikirimin pdf.nya.
      ini email saya: mustokogeni@gmail.com

      Delete
    3. salam kenal Hendrie Chan, mau juga dong dikirim bukunya ke tillecahyono@yahoo.co.id

      Delete
    4. Bang kalo boleh saya jg mau dong dikirim fdp nya. Saya newbe yg lagi pengen belajar ajanghendra2011@yahoo.com

      Delete
    5. Mau dong buku Sacred and Herbal Healing Beers The Secrets of Ancient Fermentation om, 114080063.yohanes@gmail.com
      Makasih ya

      Delete
    6. Aku mau dong dua buku tsb.
      agusprsutopo@gmail.com

      Delete
    7. Aku mau dong dua buku tsb.
      agusprsutopo@gmail.com

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. Bang Hendrie salam kenal. Saya Roy, Jakarta Timur. Kalau coba saya bikin wine dengan redglobe, gula, ragi fermipan, dan berasa merah, apakah cukup bagus? karna susah nyari gandum nih.

      Delete
  3. Hay pa kabar kalian berdua??ya ya ya sya dukung kalian ber2 sling tuker pengalaman,tapi jgn lupa saya dibagi ilmunya hehehehe

    ReplyDelete
  4. hi juga mas suro... thanks dah mampir
    tenang ja mas kita sama2 belajar dan berbagi ilmu disini
    sering2 mampir ya mas hehehehe

    ReplyDelete
  5. Wah.. Mas Suro juga nimbrung di sini.. lumayan.. biar rame.. Monggo disedot ilmunya Mas.. biar maju berbarengan.. :)

    Masa iya dermipan dijual harga segitu bro Hendrie? Bukan fermipan kali.. :)
    Tapi pada intinya, semua ragi, asal bersih. bisa dipakai.

    Tapi jangan main borong bro.. ntar sama yg dagang, dinaikin harganya nanti.. hahahaha...

    Untuk buku itu, belum pernah baca.. boleh juga nih..
    monggo kalo bersedia mengirim.. email gw carando130869@yahoo.co.uk bro..
    tengkiyu berat sebelumnya.. ;)

    ReplyDelete
  6. bner tuh bro... biar lebih rame nih blog gw hehehehe....

    iy bro cuma 2rb harganya gw ja kaget, ga tau deh merek apaan... soalnya pas gw bilang beli ragi dibilang ga ada, dia bilang adanya fermipan...
    bersih bro sama kaya yg harga 5rb, kayanya ini fermipan kiloan yg ga pake merek dan bungkusnya cuma plastik biasa makanya jadi murah harganya
    buat hasil dah dicoba sama aja bro ga da beda antara yg 5rb n 2 rb

    bro bukunya ga bisa di attach soale sizenya 48 mb sama 53 mb... jadi gw upload ke MF, linknya dah dikasih lwt email

    ReplyDelete
  7. Bro bro..salam kenal :D
    Ane tertarik banget nih mau mulai homebrewing..
    mau nanya, beli airlock itu dimana ya biasanya? Sama pengganti hops yang bagus ato yang sering dipake di indo apa?
    Komposisinya pengaruh gak sih?
    Thankiess before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bro Harris
      Mantap keinginannya bro.. Semoga bisa jadi homebrewer secepatnya..

      Kalau mengenai airlock, mungkin di Surabaya atau Jakarta ada.. Tapi ane ga pernah tau soalnya domisili di Singaraja sih...

      Kalau pengganti hops, ada beberapa jenis tanaman seperti Yarrow atau mugwort.. di indonesia kayaknya ada Yarrow.. tapi gak tau nama lokalnya apa..

      Atau pakai daun teh.. hanya saja kadar kepahitannya harus diperhatikan..

      Homon diperhatikan, bahwa penggunaan jenis daun yang berbeda pasti memberikan rasa dan aroma yang berbeda pula..

      Delete
    2. Halah.. kok 'Homon'.. maksudnya 'Mohon'.. wkkkkkkk

      Delete
    3. @Bro Andre:
      kmana aja bro baru nongol nih... skalinya nongol salah ngomong wkkkkkkk.....
      wah bisa nambah anggota baru nih buat project blog beer kita hahahaha

      @Bro Harris:
      soal airlock gw blm nemuin dijakarta yg jual, paling juga beli via online bro... cari aja di ebay ada, harganya sih murah cuma 1 - 3 dolar /pcs, tapi ongkos kirimnya itu yg ga nahan 8.55 dolar ke indo

      Sebenernya jaman dulu bikin bir blm pake hops bro, bir tanpa hops lebih dikenal namanya Gruit Beer.... untuk lebih jelasnya bisa diliat di "Bahan2 alternatif"

      kalo mau yg paling gampang dicari sesuai saran bro andre pake daun teh.... daun teh cocok buat aroma dan dapetin rasa pahit pada bir

      kalo buat wine lebih cocok teh hijau soalnya teh hijau lebih sepet dibanding teh biasa




      Delete
    4. @Bro Hendrie & Bro Andre:
      Berati harus trial and error dong ya berkali-kali..
      Saya coba weekend ini deh, entar update-annya gue kabarin disini deh :D

      Delete
    5. klo dibilang trial n error ga juga bro, kan ada resep2nya untuk bir tanpa hops... jadi ga mungkin salah, cuma yg jadi masalah nanti soal rasa... blm tentu kita suka dan cocok sama rasanya, kan tiap org seleranya beda2 :)

      masalahnya kan lidah org indo blm terbiasa atw mungkin sama skali blm prnah ngerasain gruit beer..... jgnkan rasa bir yg asing, bir lokalan aja selera org beda2... org yg maniak angker dikasih bintang ga bakalan diminum wlwpun dia pencinta bir.... alesannya simple cuma ga suka sama rasanya padahal sama2 bir :)

      kalo butuh resep2 gruit beer nanti gw kasih bro

      Delete
  8. Halo bro andre dan bro Hendrie, ane mau tanya, ini blog khusus Beer atau bisa juga diskusi masalah spirits?? Yang gua mau tanya, semisal kita bikin fruit mash, atau corn mash untuk didistilasi nantinya hasil alkoholnya ada aroma bawaan dari bahan yang difermentasi gak?? Soalnya gw masih bikin seputar sugarwine, pengen coba brewing juga dari bahan buah2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bro Hendrie mah semua juga dibahas... wkkkk...
      gw ikut nyumbang ya bro Hendrie..
      untuk fruit mash atau corn mash, aromanya terbawa atau tidak itu tergantung dengan jenis ragi yang kita pakai.
      kalau pakai fermipan, kebanyakan akan hilang aroma dan rasa buah aslinya. kalau pakai yang khusus untuk wine, seperti dari fermentis, mungkin rasa dan aromanya bisa lebih di preserve..

      ragi roti, biasanya mengeluarkan aroma tersendiri yang kita sebut aroma tape..

      Delete
  9. Maksud gw, hasil dari hasil fermentasi winenya akan gw distilasi (Kalau gw googling sih jadinya namanya brandy).. Nah kira2 pengaruh kagak tuh hasil distilasi antara fruit wine dan sugarwine?? Eniwei bolehkah kita share via email?? Thanks yaa :D SALAMABUK!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gw, semua jenis hasil fermentasi yang di distilasi akan menghasilkan alkohol murni.
      jadi yang harus diketahui dulu adalah sifat alkohol yang titik didihnya lebih rendah dari pada air.
      Etanol atau etil alkohol akan mendidih dan menjadi uap pada kisaran suhu 78 derajat celsius.
      uap alkohol itulah yang kita kondensasi menjadi cairan dengan cara didinginkan.
      jadi, pada suhu 78 derajat, alkohol di dalam cairan hasil fermentasi akan menguap sehingga air dan segala rasa serta aroma akan ditinggal di dalam panci.

      kesimpulannya, hasilnya akan sama.. Alkohol.. :)

      Delete
  10. Mau nanya nich bro hendri,cara menghilangkan arroma tape pada spirit gmana ya caranya,,aku pake ragi roti soalnya.
    Maksih banyak.

    Wawan.

    ReplyDelete
  11. Ikut bantu jawab aah... :p
    Secara umum, aroma tape itu akan ada di minuman hasil fermentasi.
    Kalau disebutkan 'pada minuman spirit' seharusnya sudah tidak berbau karena sudah melalui proses distilasi.
    Distilasi 'membuang' hampir 95% rasa dan aroma hasil fermentasi. Kalau sudah di distilasi, biasanya yang tercium adalah bau khas alkohol.
    kalau untuk menghindari bau tape pada hasil fermentasi yang nantinya tidak di distilasi, yang gw ketahui adalah dengan mengganti raginya.
    Di coba pakai beberapa merk ragi atau jenis ragi yang berbeda.
    Di internet tidak gw temukan dari mana asal bau itu..
    tapi kemungkinan besar dari karbohidrat dan jenis ragi. Setiap jenis ragi mengeluarkan bau yang berbeda..

    ReplyDelete
  12. Mkasih bro andreas atas pencerahannya.
    Aku sudah pake 3 jenis ragi roti tapi hasilnya tetep sama,jka hasil spiritnya dicium memng aromanya alkohol,tpi jka dmnum msih trasa araoma tapenya,tapi jka 3 x distilasi baru sudah tdk ada aroma tapenya jka dmnum,pdahal aku hnya buat standar alkohol skitar 25-35%.

    Kmarin sempat membuat penyaring dari pasir dn batu dibtol aqua,bisa agak membantu mengurangi aroma tapenya,tpi masih kurang maksimal.
    Aku stiap fermentasi 200 ltr pake ragi bakpao 8-9 sachet.
    Mngkin sobat smua ada solusi yg baik dan aman.

    Maksih sbelum dn sesudahnya.
    @wawan


    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake permipan.
      Aku aging 3 bulan, bau tapenya dah ilang. Yang muncul bau ethil alkohol. Enak

      Delete
    2. Aku pake permipan.
      Aku aging 3 bulan, bau tapenya dah ilang. Yang muncul bau ethil alkohol. Enak

      Delete
    3. mau nanya brader 200ltr mash yg di distilasi bisa mengeluarkan ethanol murni sampe brp liter ?? dgn titik didih d bwh 100c

      Delete
  13. Halo bro semua,
    Percobaan pertama saya pake ragi roti dan biji millet dan rasanya kaya tape juga. Aroma teh juga ga ngasi efek. Saya lagi bikin percobaan kedua tapi rencananya akan saya tambahin buah sebelum dimasukin botol untuk menghilangkan aroma tape. Apakah ada efeknya?

    @phici

    ReplyDelete
  14. Saya bikin wine pake yeast fer***an, jd nya enak koq, ga kalah sama wine yg ratusan ribu, yg maw tester wine saya bs kontak saya, 03171662500 / 082264025790

    ReplyDelete
  15. kalo mau beli airlock di kaskus ada yg jual tuh

    http://www.kaskus.co.id/thread/50cd8f6b8127cf4442000028/super-ragi-home-made-winewhiskyvodkaliqueur-dll-alcotec-24-hour-turbo-yeast/1

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah "sold out" gan. Dimana bisa beli Airlock dan juga enzim Pektinase di Jakarta atau di Jawa atau memang harus impor dari Europa?

      Delete
  16. berarti kita yang suka mabok kepayang ketipu sama perusahaan2 dong, mereka tambah kaya, kita tambah miskin, nyesel banget nih dan nyesek juga. thanks bro Hendrie dan Andre.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. kalo itu mah sudah hukum alam kayaknya..
      Namanya juga produsen dan konsumen..
      produsen pasti cari untung.. tinggal dari kitanya aja..
      Beli chiki ato cheetos juga gitu.. bungkusnya gede banget.. 1/20nya isi produk, sisanya angin.. :D

      Delete
  17. Misi Admin, numpang jualan. Boleh kan...

    Siapa tahu butuh ragi tape gan. Saya jual. Ragi masih tradisional tdk bermerek. Tapi saya ga pengalaman pake ini tape untuk pembuatan Arak, tapi biasanya sih tape klo dah lama biasanya baunya mirip wine dan manisnya terasa keras, bikin keringat keluar. Klo dipake bikin tape saya jamin gan tapenya manis, asalkan benar cara bikin tapenya.

    Harga raginya Rp500/biji (diluar ongkos kirim). Minimal order 100 biji. Berat pengiriman 1KG biasanya kurang lebih lima ratusan biji.

    Produk detail dan penwaran bisa diliat di blog saya : http://adriansyahnantu.wordpress.com/2013/11/07/jual-ragi-untuk-pembuatan-tape/

    Thanks rekan-rekan, khususnya tuan rumah.

    Adri
    FB: Adriansyah Nantu
    blog: adriansayahnantu.wordpress.com
    No HP: 081354753398

    ReplyDelete
  18. Permisi, mau numpang jualan. Yang perlu keperluan homebrewing bisa datang ke https://www.bukalapak.com/cozmik_j atau https://www.tokopedia.com/javabrewcraftco

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. halo , kesulitan dapat barley nih bisa dibantu ? email solidsyu at g ya hoo dot com

    ReplyDelete
  21. UNTUK PEMBUATAN TEMPAT FERMENTASINYA PAKAI AIRLOCK ADA KONSTRUKSI KHUSUNYA GAK BRO?

    ReplyDelete
  22. Gampang cerita yg ngak bisa diperiska !!! Dan jadi pahlawan ceritanya tanpa bukti sedikitpun.
    Orang asing yg bicara

    ReplyDelete
  23. Salam kenal bro. Saya mau usulkan update tentang urusan hukum. Hukum yang membatasi homebrewing telah dicabut oleh Mahkamah Agung atas tuntutan FPI. Sebagai gantinya adalah Perpres No. 74 tahun 2013, dimana homebrew diatur oleh peraturan di daerah masing-masing. Menariknya adalah "produksi tanpa ijin" (seperti homebrew) tidak lagi masuk dalam kategori kejahatan dengan ancaman penjara dan denda seperti pada peraturan sebelumnya.
    Berita bisa dilihat di sini: http://nasional.kompas.com/read/2013/07/05/0501200/MA.Batalkan.Keppres.soal.Minuman.Beralkohol

    ReplyDelete
  24. Gan Masih Penasaran Gimana Caranya ngilangin bau tape kalo pake Ragi fermipan. Ada yang punya resep ngilangin bau tape?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Saya sedang buat percobaan membuat anggur dari air kelapa muda. Adakah yang bersedia berbagi pengalaman? Terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Salam kenal bro, saya juga dari taon 90an buat beer sendiri buat komsumsi sendiri, saya udah coba ngilangin aroma tape gak pernah sukses, tapi dari segi rasa tmn2 yg biasa minum cap tikus punya saya lebih halus katanya hehehe, jika berkenan saya mau donk dikirimin pdf nya buat nambah pengetahuan saya,terima kasih. megunks@gmail.com

    ReplyDelete
  29. salam kenal buat bang Hendrie Chan, mau juga dong dikirim bukunya ke perkebunan.batang@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Bang hendrie masih hiduo kah?

    ReplyDelete
  31. Mau tanya cara menghilangkan rasa pahit pada alkohol pakai apa

    ReplyDelete